Kunai

Pages

Senin, 15 April 2019

MAKALAH “MENINGKATKAN SPD dan APC TOKO”

MAKALAH
“MENINGKATKAN SPD dan APC TOKO”











Disusun Oleh:
Nama    : Hendi Handoko
   NIK   : 18053135
                     Toko   : Alfamart Adisucipto KM17
   Branch   : Pontianak

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Meningkatkan STD dan APC Toko” yang diajukan untuk memenuhi syarat mengikuti kenaikan Grade karyawan Alfamart.
Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penyelesaian makalah ini hingga tersusun makalah yang sampai dihadapan pembaca pada saat ini.
Saya juga menyadari bahwa makalah yang saya susun ini masih banyak kekurangan. Karena itu sangat diharapkan bagi pembaca untuk menyampaikan saran atau kritik yang membangun demi tercapainya makalah yang lebih baik.



Kubu Raya, 2 Februari 2019

Hendi Handoko


i

DAFTAR ISI
Kata Pengantar………………………………………………………………. i
Daftar isi............... …………………………………………................... ……ii
BAB I: PENDAHULUAN. …………….... ………………...........………….. 1
1.1.  Latar Belakang…………………………………………............. ........ .....1
1.2.  Rumusan Masalah... ………………………………………….................. 1
      1.3.  Tujuan. ………………………………………….................................. .....2
BAB II: PEMBAHASAN....... …………………………………………...........3
2.1.  Pengertian Sales, STD dan APC….…………………………… …………3
2.2.  Meningkatkan STD dan APC……………………………………………...3
2.3.  Hasil Laporan Project……………………………………………...............7
BAB III: PENUTUP.... …………………………………………..................... .9
Kesimpulan………………………………………….......................................….9
DAFTAR PUSTAKA………………………………………….................……10
LAMPIRAN........................................................................................................11
1.Daily Performance Bulan Januari...................................................................11
2.Daily Performance Bulan Februari…………………………………………11





ii

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pada era digital saat ini, persaingan bisnis ritel kian hari semakin ketat. Banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi pembelian melalui aplikasi e-commerce.
Banyaknya toko-toko retail berjamur di era global saat ini baik dalam bentuk eceran, klontong, minimarket, hypermarket dan grosiran yang juga menjadi pesaing secara langsung. Sebagian lagi orang-orang berpendapat bahwa berbelanja secara online  melalui desktop dan smartphone  terasa jauh lebih cepat, mudah, dan praktis daripada harus datang langsung ke toko.
Namun, masih ada konsumen yang kurang puas dengan pelayanan di beberapa toko retail dan kepercayaan  dengan kualitas di toko online, sehingga mereka cenderung lebih tertarik untuk meneliti terlebih dahulu produk yang mereka inginkan sebelum membelinya. Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa bisnis ritel yang punya potensi lebih dan kompetitif masih dapat berkembang di era digital ini.
Oleh karena itu, disini kita harus mengetahui potensi yang akan memungkinkan bisa meningkatkan penjualan bisnis retail milik kita.

1.2. Rumusan Masalah
Bagaimana cara paling efektif untuk menarik minat pelanggan agar berkunjung ke toko?
Bagaimana meningkatkan penjualan toko perhari demi mencapai target?


1
2

1.3. Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua. Beberapa tips dan upaya dalam meningkatkan jumlah transaksi(APC) dan pengunjung toko (STD) demi tercapainya target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

















BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Sales, STD dan APC
Penjualan (sales) adalah aktivitas atau bisnis  menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga  tertentu. Penjualan dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti penjualan langsung, dan melalui agen penjualan.(wikipedia, 2019)
Setiap pengusaha retail tentunya ingin usahanya berkembang dengan penjualan yang terus meningkat dan sesuai ekspektasi yang diarapkan.
Melalui faktor utama diatas,  maka 2 elemen atau pondasi yang paling penting untuk meningkatkan penjualan (sales) adalah STD dan APC.
Sales/ Net sales berkaitan erat dengan STD dan APC. Karena dengan meningkatnya  SPD dan APC (growth) akan berpengaruh padasales/net sales.  Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui apa itu definisi dari STD dan APC.

STD (Struk Per Day) / Customer Count adalah Jumlah customer yang bertransaksi di kasir pada periode tertentu ( hari / bulan) atau Jumlah Bon ( struk belanja ) sedangkan
APC (Average Purchase Customer) / Basket Size adalah Nilai rata-rata pembelanjaan tiap customer pada periode tertentu ( hari/bulan)

2.2. Meningkatkan  STD  dan APC
Setelah mengetahui apa itu STD dan APC serta keterkaitannya dengan sales/ netsales. Review lagi sejauh mana upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan STD dan APC tersebut.

3
4

Faktor yang paling mendasar dari pertumbuhan STD dan APC adalah 4 pilar pelayanan (product,  people,  process,  place) , kalau pelayanan toko kita memuaskan maka STD dan APC juga akan baik pula karena konsumen pasti akan datang kembali dan kemungkinan besar akan mempromosikan toko kita kepada orang lain dengan citra yang baik. Sehingga terciptanya loyalty konsumen dan growth sales dengan adanya konsumen baru.  Namun adakalanya moment dimana permintaan dan penawaran pasar  akan berubah, naik dan turun.
Evaluasilah bagaimana strategi pemasaran yang telah kita dijalankan, sistem keuangan yang dilakukan hingga segala administrasi toko meski yang terkecil sekalipun.
Setelah itu, mulailah bangkit untuk memperbaiki segala kesalahan. Bangun lah ide-ide segar yang dapat menghidupkan kembali toko kita.

Dibawah ini beberapa tips dan trik pendukung untuk meningkatkan STD dan APC.
a.Berikan  Kenyamanan
Untuk meningkatkan penjualan toko, maka berikanlah pelayanan yang baik kepada setiap pengunjung dan pelanggan. Berikanlah kenyamanan konsumen dengan sikap riang,  ramah dan inisiatif membantu konsumen serta productknowledge yang mumpuni. 

b.Kenali  Pelanggan
Lakukanlah riset barang apa saja di toko yang sangat diminati pelanggan. Lalu pastikan bahwa barang tersebut selalu tersedia dan dalam jumlah stok yang aman.
Catat pula barang yang ditanyakan pengunjung toko namun ia tak mendapatkannya di toko kita. Order atau sarankan kepada atasan agar barang yang dicari tersebut dan jadikan barang tersebut sebagai salah satu produk jual di dalam toko kita.

5

contoh saat moment seasonal; ramadhan, kemungkinan barang yang dicari adalah kurma,  sirup dll, contoh lain adalah saat musim penghujan dan pancaroba,  maka mantel dan obat-obatan adalah yang paling banyak dicari, dan sebagainya. Maka pastikan persediaan barang tersebut aman dan PKM-nya terkontrol.

c.  Bersikap  Jujur  (integritas)
Jangan pernah sekalipun berdusta pada pembeli. Membohongi pembeli dapat memberikan citra negatif pada toko kita. Alhasil, pembeli akan kecewa dan enggan kembali ke toko kita. Mereka akan beralih ke toko lain/pesaing kita. contoh kasus; barang berhadiah yang tidak di infokan,  salah uang kembalian yang disengaja dan faktor human error lainnya.

d.Lahan  Parkir
Parkir merupakan salah satu layanan toko yang paling dicari. Pengunjung akan ragu untuk mengunjungi toko Anda jika tidak tersedia parkir yang memadai. Jika pengunjung pun enggan datang maka bagaimana cara Anda meningkatkan pendapatan toko? Tentu itu sangat sulit dilakukan. Hal yang menjadi fokus disini adalah beberapa toko ada yang menerapkan biaya parkir kendaraan, entah itu bersifat pungli, kebijakan toko itu sendiri ataupun faktor lainnya. saya pribadi enggan singgah ke toko yang ada bayar parkirnya. contoh kasus; saya berniat membeli minuman dengan harga Rp 5000 dan ditambah parkir 1000 rupiah, jadi total uang yang saya keluarkan adalah Rp 6000, maka saya akan berpikir dua kali membeli minuman di toko tersebut dan memilih toko lain yang bebas uang parkir.



6

e.Menguasai Area Coverage Toko
Ketahui cakupan wilayah yang menjadi target penjualan toko kita. Kenali pola masyarakat yang menjadi target tersebut lalu ketahui kebutuhan mereka. Maksimalkan melalui penyebaran/pembagian leaflet promo dwi mingguan dan tawarkan pendaftaran member Ponta gratis.

f.   Maksimalkan  Penawaran
Penawaran sendiri bersifat aktif saat kewajiban kasir saat konsumen bertransaksi di kassa  dan bersifat pasif apabila display produk promo dan margin tinggi tertata atraktif  (eyecatching). Lakukan penawaran aktif dan pasif dengan maksimal sehingga terjadinya transaksi sales.

g.   Ekspose  Promo dan Inovasi  Dalam  Penataan  Produk
Masih berkaitan dengan penawaran dan display produk.  Jangan kolot dan monoton,  buatlah gebrakan baru dan berani dalam sistem display produk yang bersifat positif untuk sales toko kita, dan jangan lupa lakukan  mix margin.
Maksimalkan display floor dan sarana promo dengan barang yang potensi sales besar.

h.  Buat  Database  Pelanggan
Data pelanggan sangat berguna untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Kontak mereka, melalui aplikasi pesan Whatsapp misalnya, untuk mengabarkan perihal promo atau pun peluncuran produk baru. Dengan itu, pelanggan akan makin loyal dengan toko kita  meski para pesaing bermunculan.

7

2.3.    Hasil Laporan Project

a.Daily Performance
Berikut terlampir perbandingan kinerja toko AlfamartAdisucipto KM17  dalam periode januari s/d februari 2019
1. Januari (1)
2. Februari (2)
*halaman terakhir -terlampir

b. Analisa Pencapaian
Perbandingan kinerja Toko Alfamart Adisucipto KM17 dapat dilihat bahwa toko ini mengalami  peningkatan sales dari januari ke februari.
•Dari data net sales mengalami kenaikan terhitung pertanggal 6-31 januari dengan nilai Rp 274.574.724 menjadi Rp 297.129. 577 di bulan februari pertanggal 1-28.
•Dari data terlampir dapat dilihat bahwa APC toko  mengalami penurunan  namun tidak signifikan yakni dari nominal Rp 30.007 ke Rp 29.967.
•Kemudian dari sisi STD toko, naik dari angka 351 bertamah 3 poin menjadi 354 orang.
•Dari sisi Gross margin mengalami kenaikan dari 18,64% menjadi 18,76.
Pada bulan januari ditunjang dengan kebutuhan awal tahun yang dimana konsumen akan banyak berbelanja kebutuhan rumah dan penyambutan tahun baru dimana jumlah nominal belanja lebih besar dari biasanya. Berbeda dengan bulan februari,  dimana memasuki suasana Imlek yang didominasi oleh silaturahmi maupun liburan, bulan februari juga memasuki kondisi dimana permintaan konsumen mulai berangsur normal. Namun arus keluar dan masuk konsumen ke toko bertambah karena posisi toko yang ada di jalur strategis. Sehingga STD meningkat meskipun APC melemah.

8

c.  Apa  yang sudah  saya  lakukan?
Sebagai crew,  upaya yang  telah saya melakukan tentunya menjalankan tugas saya dengan kinerja maksimal.  Menjaga kebersihan area sales (indoor dan outdoor)  dan Penataan produk baik itu fast ataupun full display, serta menjalankan 4 Pilar pelayanan. (BASIC)
Sebagai crew,  saya aktif menanyakan memberponta dan menawarkan pendaftaran member serta manfaat kartu member alfamart saat transaksi di kassa dan penyebaran leaflet dwi mingguan di area coverage toko;  agar terciptanya pelanggan baru dan loyalitas pelanggan yang sudah ada. (STD)
Sebagai crew,  saya memaksimalkan penawaran di meja kasir(kassa) maupun area sales baik produk promo, produk high margin-high volume , melakukan cross-selling dan upselling. (APC)
Hal yang paling utama tentunya adalah doa,  niat dan action serta etos kerja yang luar biasa  dari setiap crew dan pejabat toko demi meningkatnya sales. Demikian analisa dari tugas dan project yang telah saya lakukan, saya ucapkan terima kasih.










BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dengan perkembangan zaman saat ini yangkian modern, ada banyak  perusahaan yang bergerak dalam bidang retail. Karena semakin tingginya kebutuhan pokok manusia setiap hari. Dalam mencapai target dan memaksimalkan penjualan toko, tentunya harus bersumber dari niat dan semangat serta etos kerja yang luar biasa.
Mungkin diatas hanyalah beberapa tips dari banyaknya cara dan jalan untuk meningkatkan STD dan APC,  namun fakta dan kondisi di lapangan yang sesungguhnya tidaklah semudah dalam teori. Plans, Action dan doa adalah senjata utama untuk meningkatkan SPD dan APC. Semua aspek akan bangkit ketika berawal dari niat dan semangat yang benar-benar tertanam didalam benak masing-masing personil toko itu sendiri, Apakah bisa berkompetensi atau hanya jadi penonton saja? Yang pasti adalah ALFAMART SIAP 2019!









9

DAFTAR PUSTAKA
nadipost. 2018 . "Cara Menarik Pelanggan ke Toko Anda" (online). http://nadipost.com. 2 Februari 2019
Universitas Ciputra. 2015. "Pedoman pembuatan makalah" (online).
http://ciputrauceo.net/blog/2015/2/5/contoh-makalah-mahasiswa-yang-benar-beserta-pedoman-pembuatan-makalah. 4 Februari 2019
Arifin, Z. 2008. Dasar Penulisan Karya Ilmiah (Ed. 4). Jakarta: Grasindo
agus, octa. 2018. "Target dan penjualan"(online). https://distribusipemasaran.com/cara-menetapkan-target-penjualan-sales-target-yang-efektif/. 5 Februari 2019












10

LAMPIRAN

1.Daily Performance Bulan Januari
2.Daily Performance Bulan Februari


















11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar